Welcome to Nijmegen !

Nijmegen merupakan suatu kota tertua di Belanda. Dulu, ketika perang dunia, kota ini pernah di Bom karena disangka salah satu kota di Jerman. Mungkin karena letaknya di perbatasan Belanda-Jerman. Dengan bersepeda saja kita sudah sampai di Jerman.
Dua universitas besar disini adalah Radboud University dan HAN University. Untuk pelajar internasional, banyak pelajar master dan Phd bersekolah di Radboud University, dan untuk pelajar bachelor, banyak yang bersekolah di HAN University.
Sudah hampir sebulan saya tinggal di kota ini, tepatnya yaitu di SSHN Hoogeveldt, Prof. Bromstraat 98-2, Nijmegen. Housing saya letaknya sangat dekat dengan kampus, sekitar 5-10 menit berjalan kaki. Namun cukup jauh dari pusat perbelanjaan, Nijmegen Centrum. Selama ini, menurut saya ada beberapa tempat menarik di Nijmegen yang bisa menjadi daya tarik wisatawan disini.

1. Nijmegen Centrum
Pusat perbelanjaan warga Nijmegen. Jaraknya 15-20 menit naik sepeda dari housing. Disini ada kafe tertua di Nijmegen, Kafe In De Blauwee, tempat menyeruput cokelat hangat yang nikmat di sore hari seharga 3,6 euro. Kafe ini tepat berada di jantungnya ikon Nijmegen Centrum. 
Karena pusat perbelanjaan, tentunya banyak toko-toko dari yang menjual barang mahal dan bermerk hingga yang murah, harga mahasiswa tentunya. Ada juga toko yang menjual barang second hand seperti Het Goet tapi dengan kualitas yang masih bagus. Supermarket juga ada, seperti HEMA, ALDI dan Albert Heijn. Untuk fashion, yang paling laris adalah PRIMARK. Barang-barangnya bagus dan murah-murah. Bagi wanita, pasti suka banget belanja disini. heheee...
Oh iya, ada toko es krim yang murah, enak dan dengan berbagai macam pilihan rasa, yaitu Vincenzo. Saya sudah 3x beli es krim disitu. Satu scop seharga 1,5 euro saja sudah mendapat es krim yang ukuran besar bagi saya. Restauran langganan saya disini adalah Iwok & Co, restauran milik orang cina. Jadi disini ada nasi dan juga udon. Oh iya, Doner company yang menyediakan kapsalon juga favorit saya.



2. Kronenburger Park
Ada sebuah benteng tua disini. Namun sepertinya sekarang benteng tersebut jadi sebuah restoran. Didepannya ada taman lapang dan sebuah kolam. Seperti kebanyakan taman di Eropa, kalau cuacanya bagus, matahari bersinar terang, maka akan banyak orang duduk-duduk di taman, berkumpul bersama keluarga atau mengajak jalan-jalan hewan kesayangan mereka. Di kolamnya ada banyak jenis itik dan angsa hitam. Ada juga jembatan kecil yang menghubungkan taman dengan bentengnya.



3. ValkhofPark
Sebuah taman juga dengan kastil tua. Tapi bedanya disini tamannya sangat rindang karena banyak pohon-pohon besar, seperti hutan kecil. Ada 2 kastil, yang satu berupa reruntuhan dan satu lagi masih berdiri dengan baik menghadap Waalkade (sungai ternama di Nijmegen). Pemandangan dari depan kastil ini sangat bagus. Dengan mengisipkan 1 euro bisa melihat dengan jelas di seberang sungai memakai teropong yang disediakan disini. Menurutku, taman ini seperti kastil tersembunyi. Mungkin karena letaknya di ujung Centrum dan juga ada hutan mininya.






4. Waalkade
Ini nih simbol Nijmegen, sungai besar dengan tiga jembatan yang khas. Dari jembatannya kita bisa melihat pemandangan kota Nijmegen. Kita juga bisa melihat kapal logistik pengangkut barang mondar-mandir disini.




Comments

Popular Posts