Coldfusion a.k.a CF

Haloooo blogger mania.. :)
Kali ini aku ingin mengulas sedikit mengenai salah satu bahasa pemrograman yang sekarang menjadi makananku sehari-hari.. heheee..

Coldfusion . Jujur, sebenarnya aku juga pertama kali denger nama bahasa pemrograman itu setelah aku masuk kerja di sebuah perusahaan software di Jakarta. Karena penasaran, langsung saja aku cari berbagai info mengenai bahasa pemrograman ini. Coldfusion ternyata merupakan suatu bahasa pemrograman milik Adobe. Bahasa ini berbasiskan web. Dan yang membuatnya tidak terlalu susah dipelajari adalah karena bahasa ini mirip dengan PHP. Jadi, bagi programmer web, mereka dengan mudah akan terbiasa mengotak-atik satu bahasa ini.

Uniknya lagi, namanya juga bahasa pemrograman yang berlisensi, tentu saja mempunyai server sendiri, yaitu Adobe Coldfusion. Servernya juga menggunakan produk dari Adobe juga. Biasanya, untuk menampilkan file atau line keberapa yang eror, sebelumnya kita harus melakukan debugging terlebih dahulu. Debugging biasa dilakukan di CFIDE. Seperti ini :


Setelah halaman webnya direfresh, maka akan tampil nama-nama file yang berekstensikan .cfm atau .cfc yang digunakan pada halaman tersebut. Contohnya seperti ini :


Itu tadi biasanya tahap awal sebelum kita memulai untuk otak-atik kodingan di cf. Oh iya, jangan lupa juga add databasenya terlebih dahulu di CFIDEnya. Database ada di bagian ini :


Seperti itulah langkah-langkah awalnya sebelum memulai pemrograman dengan Coldfusion. Setelah langkah-langkah tersebut, selanjutnya tinggal koding.

Happy Koding
:)

Comments

Popular Posts