Kegagalan Bukan Akhir Perjuangan

Sejak semester akhir di bangku kuliah saya memang berencana melanjutkan studi S2 dengan beasiswa. Terlebih lagi harapan saya adalah melanjutkan S2 keluar negeri. Akhir-akhir ini memang saya fokus dengan apa yang saya cita-citakan itu. 

Banyak tulisan-tulisan motivasi yang sudah saya baca dan memang menginspirasi saya. Perjuangan meraih beasiswa ini bisa dibilang tergolong berat. Mulai dari perjuangan mengumpulkan syarat-syarat dokumentasi dan koreksi total terhadap diri sendiri. Bagaimana ibadah saya, sikap saya terhadap orang tua, keluarga, dan teman-teman. Bisa dibilang banyak faktor X yang akan mempengaruhi untuk lolos seleksi beasiswa ke luar negeri. 

Sejak akhir tahun kemarin hingga sekarang ini, sudah ada tujuh beasiswa yang saya apply. Namun sejauh ini, saya tidak lolos di ke-enam beasiswa yang sudah saya apply tersebut. 

- Khazanah Asia failed
- Erasmus+ Perccom failed
- Erasmus+ EMCL failed
- KGSP failed
- Kominfo failed
- Stuned failed
- LPDP waiting for final result

Sesaat saya sempat down, berusaha mengumpulkan tenaga untuk tetap seperti biasanya dan menjalani langkah selanjutnya. Menjadi scholarship hunter memang membutuhkan mental baja yang kuat. Awalnya memang seakan masa depan kita terasa kelam karena dalam kenyataannya kita mengalami kegagalan. Apalagi mengingat segala pengorbanan dan usaha keras yang telah kita lakukan selama ini. Mengingat untuk mengumpulkan semua persyaratan beasiswa saja saya harus memakan waktu kurang lebih satu tahun. Ya, satu tahun. Dimulai dari titik nol, dimana saya berusaha keras untuk mengejar skor IELTS/TOEFL karena kemampuan bahasa inggris saya yang pas-pasan. Belum lagi ditambah pengeluaran uang yang bisa dibilang cukup besar. Untuk tes IELTS, pembuatan pasport, kirim dokumen ke universitas tujuan, translate ijazah dan dokumen lainnya, handling fee untuk pendaftaran universitas, serta hal-hal teknis lainnya.

Banyak yang bilang bahwa suatu kesuksesan harus melalui proses yang panjang dan seringkali diterpa dengan kegagalan. Semoga usaha selama ini membuahkan hasil. Aaammiiin.




Comments

Popular Posts