XL Apprentice Batch XI

Alloh SWT selalu memberikan suatu rencana dan hadiah yang terbaik untukku. Alhamdulillah meskipun aku sempat tidak lolos ketika mengikuti seleksi beasiswa Khazanah, ternyata ada suatu rencana lain yang sudah Dia persiapkan untukku. Aku diterima bekerja sebagai XL Apprentice di perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia, PT XL Axiata Tbk. Tentu saja semua ini tak lepas dari doa yang selalu dipanjatkan orng tuaku :)

Tanggal 24 Juni 2013, merupakan hari pertama aku masuk kerja sebagai XLence Apprentice, tiga hari pertama diisi dengan overview tentang perusahaan dan juga training singkat mengenai softskill kita untuk menghadapi dunia kerja nanti. Setiap perjalanan baru pasti juga bertemu teman-teman baru. Di XL Apprentice ini, aku masuk ke batch-11, yang mana anggotanya berjumlah 22 orang (baru-baru ini ada tambahan anggota lagi, jadi 23 orang). Awalnya memang agak sungkan untuk membaur ke semua teman baru. Tapi, lama-lama kita menjadi makin akrab, bahkan di bulan Ramadhan ini kita mengadakan buka bersama XL Apprentice Bach XI di rumah salah satu teman kita. Meskipun ketika kerja di XL sendiri, kita semua ditempatkan di unit yang berbeda-beda dan bahkan jarang bertemu.

Oh iya, aku belum menjelaskan tentang program Apprentice ini. Jadi, program ini dibuat untuk merekrut freshh graduate atau yang udah punya pengalaman kerja max 2 tahun. Bagi peserta program ini, nantinya akan ditempatkan di unit masing-masing yang sesuai dengan kemampuan peserta, biasanya keputusan penempatan itu tergantung dari hasil ketika kita interview user. Kebetulan aku masuk unit IT-Service Provisioning. Untuk kontrak kerja sendiri adalah satu tahun. Selama satu tahun itu user kita menilai dan melihat performa kerja. Jika bagus, kemungkinan besar kita bisa diterima menjadi pegawai tetap di perusahaan ini. Jika tidak, ya lulus sebagai XL Apprentice dan diberi sertifikat. Lumayan juga untuk menambah cv dan juga pengalaman kerja :)

Pokoknya menurutku asik juga kerja di industri telco, karena disini kemampuan kita bakalan di upgrade, selain itu banyak hal yang menarik untuk dipelajari.






Comments

Popular Posts