Assesmen Camp Khazanah Asia Scholarship 2013 with XL Axiata

Hello everybody.... ^.^
Kali ini postingannya aku tulis dengan penuh semangat. Minggu ini, selama tiga hari, dari hari Senin hingga Rabu, aku mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan juga mendapatkan teman-teman baru yang menakjubkan.

new friends, new experiences :)

Alhamdulillah, aku lolos masuk 20 besar dan mengikuti kegiatan asesmen camp selama 3 hari di hotel Atlet Century Park, Jakarta. Oh iya, Khazanah Asia Scholarship ini merupakan suatu beasiswa dari Malaysia yang bekerjasama dengan XL Axiata atau Bank CIMB untuk mencari leader-leader yang terbaik di Indonesia yang nantinya akan mendapatkan beasiswa kuliah s2 di negeri jiran ini. Meskipun lolos 20 besar, tapi aku sendiri gak masuk ke 4 besar, at least, aku sudah mendapatkan banyak sekali pelajaran yang bisa aku petik dari serangkaian kegiatan selama tiga hari ini. Terlebih lagi dari segi biaya, aku tak dirugikan sama sekali. Dari mulai transportasi dan juga akomodasi, semuanya dibiayai oleh yayasan Khazanah, jadi tanpa pikir panjang, aku langsung cabut saja ke Jakarta.
Hari pertama seleksi, hari Senin tanggal 20 Mei 2013. Tes pertama yang kita hadapi adalah tes psikotes, tes ini memakan waktu hingga pukul 12 siang. Setelah break untuk istirahat dan makan siang, dilanjutkan dengan tes kedua.
Disini kita dibagi menjadi 4 grup, termasuk yang dari CIMB. Aku masuk grup pink. Setelah dibagi menjadi grup, kita semua diberi tugas yang sama untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kebetulan disini temanya adalah Financial Management Consultant. Kita disuruh untuk membuat suatu survei untuk meyakinkan suatu perusahaan financial consultant untuk membuka beberapa course mengenai management money dan juga increase income. Dan lebih beribetnya lagi, semuanya full English, karena petugas tesnya pun dari Singapura, so mereka gak mudeng klo kita pakai b.indo.
Setelah kira-kira satu jam berlangsung untuk berdiskusi, mencari responden dan juga membuat kesimpulan, kita semua kembali ke ruangan karena waktu yang diberikan telah habis. Setelah itu, dibagikan kertas untuk masing-masing. Nah disini nih, sudah mulai kelihatan suasana tegangnya. Di kertas itu berisi perintah untuk kita semua, supaya menuliskan satu nama anggota grup yang dirasa perlu untuk dikeluarkan beserta juga surat perintah untuk mengeluarkannya (biasanya berisi alasan kenapa dikeluarkan). Siiinnnngggg..... langsung terdiam semuanya. Perasaan berkecamuk, karena siapa yang ternyata mendapat polling paling besar, otomatis namanya akan langsung didiskualifikasi dari beasiswa ini. Lima belas menit berlalu, kita semua sudah selesai menuliskan satu nama di kertas itu dan juga beberapa alasan. Setelah itu, mulailah untuk presentasi dari hasil diskusi masing-masing kelompok tadi.
Sesi tanya jawab yang lumayan panjang juga mewarnai presentasi ini. Kira-kira satu jam presentasi ini berlangsung. Nah, setelah presentasi inilah sesi underpressure yang sebenarnya dimulai. Kita dikumpulkan per kelompok dan masuk ruangan per kelompok, disitu kita duduk di meja lingkar berhadapan dengan petugas pengetes tadi. Kebetulan kelompokku merupakan kelompok yang kalah di sesi presentasi, bisa dibilang presentasi kita kacau dan jauh dari highlighted conclusion. Karena itulah kita dimarahi habis-habisan, terlebih lagi pertanyaan paling sulit yang harus kita jawab "Who would be responsible for this?" Siapa yang harus bertanggung jawab?
Yak, hari Senin ini diakhiri pukul 18.30, benar-benar sesi yang panjang dan menekan mental masing-masing. Hari kedua, hari Selasa, adalah sesi interview langsung dengan pihak yayasan Khazanah dari Malaysia. Untuk pertanyaannya, kira-kira seperti pertanyaan rata-rata ketika interview kerja tapi yang bikin beda, mungkin karena full english juga.. Dan hari ketiga, hari Rabu adalah pengumuman siapa yang masuk ke lolos berikutnya untuk interview langsung dengan direksi. Mungkin disini aku kurang beruntung, yang diambil hanyalah empat orang dari kami. Tapi kami semua harus tetap semangat untuk mengejar mimpi. :)


Comments

Popular Posts