2 Jam Jadi Orang Terbego #part2

Sedikit gemeteran pas ngeklik mouse buat nayangin pptnya. Yak, sepatah dua patah kata kupaksa keluar dari mulutku, gak tahu kenapa aku gak berani natap wajah dosennya satu-satu. Dua puluh lima menit berlangsung buat presentasi sama demo, agak gagap, tapi overall lancar deh, pyuhhhh... (menghela nafas sesaat). Nah, setelah ini nih, sesi kedua yang katanya bikin kita terpojok, kaku, bingung, terintimidasi dll pokoknya yang bikin aku ngerasa bener-bener jadi orang bego. Sesi tanya jawab. Sesi terseram seakan-akan dosen minta pertanggung jawaban penuh terhadap ilmu yang mereka berikan ke kita selama perkuliahan.

"Coba Anda jelaskan mengapa Anda memilih 4 diagram ini dari ketiga belas diagram yang ada" sambil sedikit senyum, Bu B bertanya.
Deg, putar otak... Aduh sial, aku kan cuma nyamain sama laporan-laporan dari kakak-kakak yang udah lulus, mereka cuma makek empat. Dan sebenernya, aku nyesel banget gak tahu semua ketigabelas diagram itu, huhuuuu...
"Errr... Errr... karena menurut saya sudah sesuai untuk menggambarkan analisis sistemnya Bu"
"Menurut Anda ? Oke, yang sesuai menurut Anda tu gimana mbak?" tanya beliau lagi

Nah, mulai dari sini nih, tiap aku jawab, pasti langsung ditanya. Dan pertanyaannya itu bikin aku stuck, akhirnya aku puter-puterin aja jawabannya. Yang pasti kesimpulannya, aku gak tahu.. huhhuuuu :((
Sebenernya sih menururtku penggunaan jumlah diagram itu terserah, gak ada hukum yang valid harus nggunain berapa. Tapi kalau aku bilang gitu, pasti langsung dibantai habis-habisan.
Kebetulan apa emang disengaja sama dosen pengujinya, pertanyaan tentang dasar teori terutama mengenai pengertian-pengertian paling sering ditanyakan. Dan yang ditanyain itu justru hal-hal kecil yang aku gak bisa jawab :(( pokoknya jauh dari perkiraanku. Intinya, aku banyak gak bisa jawabnya.... huwaaaaaa...
Makanya menururtku sidangku ini jadi horor banget.  Dan yang paling parah, punggungku rasanya mau putus karena gak boleh duduk, aku juga nahan pipis karena saking nervousnya

Satu setengah jam dipukul dengan pertanyaan bertubi-tubi akhirnya aku disuruh keluar. It means mereka harus mendiskusikan apakah aku lulus atau tidak. Pas keluar, aku kaget banget. Banyak banget yang nungguin aku diluar. Temenku-temenku makasih banyak buat support yang udah kalian berikan ke aku. Semoga sidang kalian nanti gak kayak sidangku yang ancurrrr... Aminnn....

Baru sepuluh menit berbagi cerita ke temen-temen, eh dosenku Pak P manggil aku buat masuk lagi. Dan akhirnya pengumuman... Taraaraaaaaaa...... Aku dinyatakan LULUS !!!! Alhamdulillah Ya Alloh... Aku dah gak peduli lagi mau nilainya A atau B, yang penting aku lulus deh.. Setelah salaman bergiliran, dosen pembimbingku Bu I, nyamperin aku, beliau bilang kalau nilai laporanku dikurangi karena di draft yang aku kasih ke beliau halaman 45-50 gak ada ... OMG... Aku teledor banget, langsung saja aku bete bgt. Inilah hasil aku ngeprint malem-malem sambil ngantuk-ngantuk :((
Sedih banget...
Tapi yasudahlah, yang berlalu biarlah berlalu.. cieeee... move on dong... :p

Nah itulah mengapa dalam 2 jam itu aku rasanya jadi orang terbego. Rasanya belum pantes aja nyandang gelar sarjana. Aku masih harus belajar banyak. Dan juga kalau suatu saat aku bisa jadi dosen, mungkin aku pengen bales dendam, bales dendam buat mojokin mahasiswa dan bikin dia juga ngerasain rasanya jadi orang yang paling bego... kheehehehee *evil smile 

Yap, sekarang aku tinggal ngurusin revisi dan daftar buat wisuda Januari mendatang..
Lulus itu bukan akhir, tapi suatu awal. Awal dimana aku harus melihat dunia lebih luas, menjajaki dunia baru dan tentu saja menapaki satu persatu usaha yang harus aku lalui demi mimpiku.

Fighting !!!

Comments

Popular Posts