Bahagia Adalah Ketika Tidak Ada Error :)

Maksud dari judul postingan kali ini adalah kebahagiaan seorang programmer. Sebagai programmer rasa frustasi seringkali muncul ketika sudah mengetikkan kode-kode (coding)namun programmnya gak mau running seperti yang diinginkan. Hal ini sering terjadi bagi seorang programmer. Rasa bahagia akan berlipat-lipat kalau program berhasil dijalankan dan tidak ada eror.

Sebenernya postingan ini sedikit cerita mengenai Tugas Akhirku. Duduk di semester tua memang sebuah perjuangan yang berat. Meskipun tanpa deadline, tapi beban mental lebih terasa membebani. Gak bisa santai, tapi juga gak bisa terlalu serius.

Setelah seminar proposal tugas akhir yang berjudul Sistem Informasi Jadwal Sarana Transportasi untuk Kota Semarang Berbasis Mobile App disingkat Sijatra. Mobile App disini yaitu Android. Karena penasaran dengan android, aku pengen buat aplikasi yang bisa dijalan di hp layar sentuh berplatform robot ijo.

Saat implementasi merupakan saat tersulit. Apalagi harus coding menggunakan OO dan java. Awalnya memang susah, tapi lama-kelaman aku mulai tertarik untuk menelusuri tiap kode. Paling stres ketika bikin menu berupa list. Udah ngutak-atik kodingnya, tapi tetep aja tampilannya berantakan. Gambarnya jadi gede2, dan disitu tidak ada pesan eror yang muncul. Apanya yg salah... ?? :(
Akhirnya, setelah otak-atik, ternyata yg salah ada di kapasitas gambarnya yg kegedean. Setelah kukecilin, alhamdulillah list menunya tampil seperti yang diinginkan.. :) Ya, itu kebahagiaan tersendiri yang aku rasakan...

Ini screenshotnya :



Oh iya, bagi pembaca yang ingin belajar pemrograman Android, Anda bisa membuka link ini :
1. http://agusharyanto.net/
2. http://www.vogella.de/articles/Android/article.html
3. http://developer.android.com/

Silahkan mencoba...
Happy programming ^.^

Comments

Popular Posts