Lesson For Life

Sepanjang hari jumat ini, dari pagi sampai malem,bener-bener bikin bad mood. Bete ke-1,tadi pagi liat cucian piring milik anak-anak kos numpuk gitu aja. Sebenernya aku udah pasang tulisan di atas kran cucian piring yang bunyinya gini "Setelah pakai tolong langsung dicuci" eh tetep aja tumpukan piring kotornya segunung. Udah gitu, pada ditinggal pulang lagi (berhubung ini weekend n sekalian Idul Adha), jadilah tempat cucian piringnya penuh dengan piring kotor. Akhirnya, tanpa pikir panjang langsung kucuci bersih semua. Yah, itung-itung dapet 1 kebaikan :)

Siang harinya ngampus sampek sore hari. Di kampus nurul dan hesty pada ngomongin soal TA. Yah, jadi keinget draft TAku yang belum selesai. Begitu keinget, langsung ku catet di memo hari ini mesti kelarin draftnya, supaya minggu depan bisa bimbingan. Sorenya, begitu mau pulang, hujan lebat malah turun. Itu yang membuat bete ke-2 ku. Akhirnya jam set5 ujan agak reda (masih gerimis), aku pulang. Dijalan juga macetnya parah. Sampek kos, pulang basah2an, eh begitu noleh ke arah dapur, cucian piring udah numpuk lagi. Hmmm.. Sabar.... itu yang membuat paling bete. Habis mandi n sholat, aku ngerjain draft TA yg belum selesai. Pas ngerjain draft TA, perut mulai laper. Langsung deh cabut buat ambil duit di ATM sama beli makanan. Sialnya lagi, 2 ATM yg tak samperin rusak semua.. klo gitu aku mesti ngambil duit di ATM yg di dpn pom bensin Undip. Untung yg di sana bisa dipake semua.

Dijalan pulang, bingung mau makan apa. Eh pas itu liat tukang jualan mi tek-tek yg lagi mangkal di pinggir jalan. Aku berhenti trus pesen 1 nasgor n 1 nasi ruwet. Selagi nunggu, aku liat2 orang2 disekitar situ. Pertama, aku ngeliatin bapak penjual mi tek-tek ini. Bapaknya udah sepuh (tua) tapi masih tetep jualan, aku salut. Kedua, ngeliat tukang majalah yg masih buka, padahal udah malem n gerimis. Karena kasian, aku samperin n beli 1 majalah. Yah, jaman sekarang tukang majalah udah gak selaku dulu, majalah kan udah kalah update sama internet. Ketiga, ngeliat tukang burger yg lagi ngedorong gerobak burgernya terus berhenti buat mijitin kakinya. Itu tukang burger jualan sampek malem gini.

Karena hal2 kecil itulah, aku jadi sadar. Aku terlalu egois dan sibuk dengan kepentinganku sendiri, sehingga kadang lupa bersyukur. Aku juga suka mengeluh, mengeluh karena capek dan mikirin tugas kuliah yang jelas tugas2 itu gak ada apa2nya dengan kerjaan para penjual tadi. Yang jelas, yang aku keluhkan itu belum apa2nya sama para penjual tadi. Hari ini, kenapa aku bete karena hal2 yg sepele? Seharusnya aku bersyukur, aku bisa makan 3x sehari, tidur di tempat yg enak, bahkan bersenang2 dengan teman2. Para penjual tadi harus berjualan sampai malam, tak peduli panas maupun ujan, capek ataupun ngantuk. Aku salut kepada mereka.

Ada beberapa pelajaran untuk kehidupan yg bisa kuambil malam ini :
1. Bersyukur ---> bersyukur membuat kita selalu ingat dengan Tuhan yg telah menganugerahkan kenikmatan yg begitu besar.
2. Jangan cepat mengeluh ---> cepat mengeluh membuat kita menjadi cepat putus asa.
3. Terus berusaha ---> punya tujuan, punya cita-cita seharusnya diimbangi dengan usaha yg tak putus dan sungguh2

Comments

Popular Posts