Ich lerne Deutsch :)


Sebenernya postingan kali ini merupakan suatu refreshing sejenak ditengah-tengah kesibukan ngerjain input database Edusarana yang isinya beribu2 buku...

Yap, setelah selesai KKN memang sempet stres dikit, mikirin Tugas Akhir yang bingung harus mulai dari mana, mikirin TOEFL yang menurun pas ditinggal KKN.. hahahaaa.. :p

Kali ini aku mau posting tentang les Bahasa Jerman / Deutsch di Aspac yang aku ambil beberapa minggu lalu. Les ini jadi kesibukanku setiap hari senin dan rabu malam. Kenapa aku ambil bahasa Jerman ? Dari dulu aku emang kepengen banget bisa bahasa asing selain bahasa inggris. Awalnya, aku pengen belajar bahasa Korea, ya mungkin karena aku kena efek korea2an.. hehee.. Pas di Aspac, ternyata yg bahasa Korea masih waiting list, yaudah aku pengen ambil bahasa Perancis karena dulu ketika SMA ada pelajaran bahasa Perancis. Dan lagi2 masih waiting list. Kemudian mas2 recepsionistnya nawarin bahasa Jerman. Ya udah deh aku ambil aja, yang kebetulan bisa langsung dimulai.

Kelas pertama diawali dengan Eine Vorstellung (sebuah perkenalan). Tentu saja kelas ini diajarkan oleh Frau Endang (Miss Endang) yang baik hati dan ramah. Kita diajarkan bagaimana sapaan2 yg familiar dalam bahasa Jerman. Seperti Guten Abend, Guten Tag, Guten Morgen (Good night, good evening, good morning) ada juga wie geht ? (how are you ?) dll. Oh iya, sebelum diajarin perkelanan, diajarin cara membaca terlebih dahulu. Sebenernya bahasa jerman membacanya hampir mirip bahasa Indonesia, apa yg tertulis adalah apa yg dibaca. Hal ini sangat berbeda dgn bhs Perancis, cara bacanya beda jauh dgn tulisannya. Tapi ada beberapa huruf khusus yang bacanya berbeda, contohnya seperti vokal eu dibaca jadi oi trus ada huruf beta (esjet) yang bacanya double s (ss), ada juga huruf a dikasih titik 2 diatasnya, disebut a umlaut.

Kesan pertama belajar belajar bahasa Jerman itu menyenangkan. Seperti lebih mudah dari bahasa Perancis pikirku. Dan ternyata dugaanku salah. Sekarang materi yg disampaikan sudah sampai grammar. Dan itu ternyata susah.. hahahahaa... kata Frau Endang, ketika kita belajar grammar adalah masa kritis, tapi klo berhasil ngelewatinnya akan jadi mudah. Karena itu harus tetap semangat belajarnya... Yap, sampe sekarangpun masih tetap semangat belajar bahasa Jerman. Sapa tahu suatu saat bisa kesana.. hehehheeee... Amin :)

Deutsch ist Kuhl :)

(yg bener penulisan u-nya pakek u umlaut, tapi karena bingung ngetiknya gimana, jadi ditulis gitu aja.. heheheee..)

Comments

Popular Posts